November, KRL Maja-Rangkasbitung Dioperasikan dengan Double Track

Suara.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengoperasikan jalur ganda atau double track Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Maja-Rangkasbitung. Rencananya double track tersebut akan dioperasikan pada November 2018.

Direktur Jenderal Perekeretaapian Kemenhub, Zulfikri mengatakan saat ini jalur lintas tersebut masih dioperasikan dengan satu jalur. ‎Menurut dia, pembangunan double track di jalur tersebut telah selesai sehingga bisa dioperasikan.

“Walaupun sekarang sudah sampai ke Rangkasbitung juga KRL yang kita operasikan tapi sebagian masih single track Maja ke Rangkas. Akhir tahun kita akan buka dari Maja sampai ke Rangkas dan juga elektrifikasinya,” kata Zulfikri dalam konferensi pers di Hotel Mercure Jakarta, Senin (22/10/2018).

Zulfikri menuturkan, pengoperasian jalur doubletrack ini akan menambah kapasitas perjalanan KRL dari Tanah Abang-Rangkasbitung. Namun sayangnya, pihaknya tidak merinci penamb‎ahan perjalanan di jalur tersebut.

“‎Bisa jadi nanti karena sudah jalur KRL-nya sampai ke Tanah Abang, pergerakan akan semakin besar. Jadi bisa saja nanti kita coba akan melayani segmen-segmen antara Rangkas-Tanah abang. Rangkas sampai Serpong, Rangkas sampai Parung Panjang, sampai Kebayoran,” jelas dia.

Selain itu, pada waktu yang sama, Zulfikri juga akan mengoperasikan stasiun baru di jalur tersebut. Dia menambahkan, stasiun baru tersebut dibangun dengan fasilitas yang modern.

“‎Satu stasiun yang kita bangun disini stasiun Citeras. Ini juga memenuhi standar yang sudah ditetapkan sesuai peraturan,” pungkas dia.