Indonesia Baru Punya 4 Unicorn, Jokowi: Saya Ingin Lebih

Suara.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Indonesia saat ini mempunyai empat unicorn, atau perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 miliar dolar AS. Empat unicorn Indonesia adalah Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.

Jokowi ingin unicorn Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Ini disampaikan Jokowi saat membuka Idea Fest tahun 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

“Sudah punya berap unicorn kita saat ini? Empat. Tapi saya ingin lebih dari itu,” kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan rasa bangga dengan perusahaan yang dirintis oleh Nadiem Makarim. Di mana, Gojek saat ini sudah melebarkan bisnisnya di Vietnam dengan meluncurkan Go-Viet.

“Waktu saya ke Vietnam saya diajak buka di sana Go-Viet, gabungan Gojek dengan Vietnam, jadi Go-Viet, seneng saya. Bukan apa-apa, teknologi Indonesia mengintervensi negara-negara lain, itu yang saya ingin,” jelas Jokowi.

Jokowi yakin melalui festival kreatif tahunan di Indonesia, akan memunculkan unicorn baru.

“Tidak bisa kita (hanya) mendorong dengan policy, dengan kebijakan, tapi kalau Idea Fest dipertemukan antara content creator, inovator, dengan investor, dengan lembaga keuangan, dengan dunia industri bisa jadi, tapi tidak segampang itu, harus didukung dengan sebuah ekosistem yang bagus yang baik,” imbuh Jokowi.