Jokowi Yakin Kreativitas Anak Muda Jadi Penggerak Ekonomi Bangsa

Suara.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, jika ekonomi baru di Indonesia berada di tangan anak-anak muda kreatif. Melalui kreativitas dan inovasi anak muda, Jokowi meyakini akan melahirkan sumber ekonomi baru yang akan menjadi motor penggerak perekonomian bangsa di era revolusi industri 4.0.

Pemerintah, kata Jokowi, pasti akan mendukung hal tersebut. Presiden kemudian mendorong adanya kolaborasi antara para pelaku industri kreatif.

“Ini harus kolaborasi antara creator, innovator, dan pelaku-pelaku bisnis yang in line satu garis, dengan industri dengan investor, dengan lembaga keuangan, plus kebijakan-kebijakan pemerintah harus satu,” ujar Jokowi usai membuka Idea Fest tahun 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

“Karena itu saya sampaikan konsolidasi antara sektor moneter, sektor fiskal, sektor industri, dengan pemerintah harus satu jalan, itu yang harus kita kendalikan agar satu jalan,” sambung Jokowi.

Untuk start up, Jokowi menyebut anak muda sudah pintar-pintar dalam melakukan pemasaran. Di antaranya dengan cara melakukan pemasaran lewat online store.

“Saya kira mereka sudah jago-jago tidak usah diajari, pemerintah bagaimana mendukung dengan kebijakan, dengan policy. Sehingga mereka bisa terdorong agar bisa segera masuk ke betul-betul sektor riil,” katanya.

Untuk diketahui festival kreatif tahunan di Indonesia kali kini mengangkat tema #GenerasiC. Idea Fest menghadirkan profil-profil kreatif, baik dari dalam dan luar negeri. Salah satunya adalah pengusaha sekaligus Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir.