Amazon Ancam Bisnis Periklanan Google

Suara.com – Bisnis iklan Amazon telah berkembang menjadi sangat besar dan kini nilainya hampir menyentuh 10 miliar dollar AS per tahun dengan peningkatan perkuartal sebanyak 100 persen.

Dilansir melalui CNBC internasional, perusahaan tersebut melaporkan penjualan dalam iklan telah mencapai 2,5 miliar dolar AS di kuartal ketiga. Angka itu menandai peningkatan 122 persen tahun ke tahun dan merupakan peningkatan sebesar 301 juta dolar AS dari kuartal terakhir.

Pertumbuhan percepatan bisnis iklan Amazon menimbulkan ancaman bagi platform iklan digital Google dan Facebook. Beberapa pengiklan telah memilih untuk memindahkan lebih dari setengah anggaran mereka dari pencarian Google ke iklan Amazon.

Google adalah platform iklan digital yang dominan di Amerika Serikat (AS) dan menguasai sekitar 37 persen anggaran iklan digital pada 2018.

Kendati demikian, pangsa pasar Amazon masih belum mendekati duopoli Facebook dan Google. Dua media teknologi dan media mengendalikan sekitar 75 persen ruang iklan digital, kata Sorrell.

“Google memiliki sekitar 100 miliar dolar AS untuk iklan, Facebook sekitar 40 miliar dolar AS. Amazon memiliki nilai cukup kecil, 2 miliar dolar AS atau lebih, namun berkembang dengan cukup cepat,” katanya.

Konglomerat periklanan tersebut mengatakan bahwa dia menghabiskan sekitar 5 miliar dolar AS beriklan melalui Google tahun lalu, sekitar 2 miliar dolar AS melalui Facebook dan 200 juta dolar AS di Amazon atas nama klien WPP.