Jack Ma Sebut Perang Dagang AS – Cina Hal Paling Bodoh di Dunia

Suara.com – Salah satu orang terkaya di dunia Jack Ma berkomentar tentang perang dagang yang tengah berlangsung antara Amerika Serikat dan Cina. Menurut sang pendiri Alibaba itu, perang dagang tidak memberikan manfaat kepada kedua negara.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri sebuah forum di China International Import Expo.

“Perang dagang adalah hal yang paling bodoh di dunia ini,” kata Jack Ma seperti dilansir dari Bloomberg, Selasa (6/11/2018).

Pernyataan Jack Ma ini ada alasannya. Pasalnya produk-produk yang ada di e-commercenya dikenakan tarif ratusan miliar dolar AS.

Komentar Jack Ma juga datang karena Alibaba akan memulai perhelatan belanja tahunannya yang paling penting yakni Singles Day pada 11 November, sebuah penawaran diskon online yang rata-rata masyarakat luar negeri memanfaatkan momen itu.

Sementara Alibaba mendapatkan sebagian besar pendapatannya dari perdagangan domestik, Jack Ma dan rekan-rekan eksekutifnya telah memperjuangkan Cina sebagai tujuan untuk produk buatan luar negeri termasuk Amerika.

Perusahaan ini memiliki merek besar seperti situs Nike dan Urban Outfitterson seperti Tmall Global yang memamerkan barang dagangan internasional untuk konsumen lokal.

“Ini adalah tantangan terbesar bagi Cina untuk mengubah dirinya menjadi negara pengimpor. Tetapi itu juga peluang terbesar bagi dunia,” imbuh Jack Ma.